Mengenal Jenis Blog Untuk Pemula

Mengenal Jenis Blog Untuk Pemula

Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa jenis blog.
artikel ini aku tulis untuk membantu para pemula yang ingin membangun sebuah blog namun masih kebingungan dalam memilih blog.
banyak sekali para blogger pemula yang masih bingung dalam mengenal jenis blog.
tapi dalam bahasan kali ini aku akan memberikan sedikit bantuan bagi kamu yang masih dalam memilih jenis blog yang akan kamu bangun.
Semoga dapat membantu kamu para blogger oke langsung saja Simak artikel ini.
Jadi kali ini kita akan membahas beberapa jenis jenis blog,
Blog dapat dikategorikan menjadi 3 Jenis;


1.Jenis Blog berdasarkan Platform antara lain;


  • Free Blog(Blog Gratis)
    Free Blog disini dimaksud adalah Blog yang disediakan oleh pihak ketiga dan dapat digunakan para pengguna internet.di Indonesia sendiri Free Blog ini sangat banyak diminati para Pengguna internet saat ini karena selain penggunaannya yang mudah kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk menggunakan serta mengelola Blog gratisan ini,Tapi Blog ini memiliki Syarat dan Ketentuan yang harus disetujui para pengguna blog gratisan ini jika kita melanggar peraturan atau tidak sesuai syarat dan ketentuan penyedia Blog ini kita dapat dikenakan sanksi bahkan sanksi terburuknya adalah Blog kita dapat di hapus atau di Banned.Untuk Penyedia Blog Gratisan yang sangat Populer dan paling banyak digunakan di Dunia adalah;Blogger dan Wordpress
  • Self Hosting Blog
    Self Hosting Blog merupakan Blog yang tidak terikat lagi dengan Pihak Ketiga dan kamu bebas mengelola Blog kamu dengan Leluasa.
    Namun Untuk mendapatkan Blog Self Hosting ini kamu harus mengeluarkan Biaya untuk menyewa Hosting yaitu ruang penyimpanan untuk data kamu,biayanya sangat beragam Berkisar mulai Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah Perbulan.
    kita dapat dengan mudah mengenali jenis tipe blog ini dengan blog gratisan yaitu dengan melihat alamat situsnya contoh:
    www.bahasblogger.com(Self Hosting)
    www.Bahasblogger.blogspot.com(Free Blog)


  • Micro Blog
    Micro Blog ini yaitu aktivitas Blogging yang dilakukan dengan membatasi teks yang digunakan biasanya mengandung 200 karakter/kata.
    Contohnya adalah Twitter/Facebook/My Space.

  • Blog Perusahaan/Corporate Blog
    Blog ini Biasanya adalah Blog Yang digunakan Perusahaan Untuk Mempromosikan Perusahaan nya serta informasi Perusahaan  Produk dan jasa yang di tawarkan dan juga untuk menginformasikan Alamat dan kontak Perusahaan.
  • Citizen Journalism Blog
    Blog ini biasanya disediakan oleh para media online untuk menerima informasi dari warga ataupun masyarakat.dan kamu sebagai masyarakat bebas menulis pendapat ataupun berita/cerita yang akan diposting di citizen journalism blog itu sendiri dan dapat dilihat oleh khalayak ramai.

2.Jenis Blog Berdasarkan Konten(Format Isi)

Kalau berdasarkan Format Blog dapat dikategorikan menjadi 4 Jenis antara lain;
  • Phlog(PhotoBlog)
    Jenis Blog ini adalah jenis blog yang keseluruhan isi atau kontennya mengandung photo bisa di artikan blog ini adalah photo sebagai konten utama nya.
  • Vlog(VideoBlog)
    Jenis Blog ini mengandalkan video sebagai konten utamanya.
  • AudioBlog
    Mengandalkan Audio atau suara sebagai konten utamanya.
  • Spam Blog
    Ini maksudnya bukan satpam ya...tapi adalah Blog yang dibuat untuk menggangu para blogger lainnnya ciri khas blog ini yaitu sering meninggalkan Link aktif di komentar Blog kamu.


3.Jenis Blog berdasarkan Tema

Jenis Blog berdasarkan Tema dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis;
  • Otoritas Blog/Authority Blog
    Blog ini adalah jenis blog yang direkomendasikan untuk para blogger yang memiliki Hobi atau keahlian tertentu biasanya Blog ini hanya fokus membahas satu topik tertentu misalnya Bisnis,Politik,Kesehatan dan banyak lagi  

  • Berikut beberapa Blog Populer yang menggunakan Tipe Jenis Authority Blog,
    • BerguruSEO.blogspot.com Blog yang membahas mengenai SEO
    • maxmanroe.com Blog yang membahas mengenai Internet marketing
    • Blogdokter.net Blog yang membahas mengenai Kesehatan
    • Dan masih banyak lagi...

      di Indonesia Authority blog ini memang paling banyak menjadi pilihan para blogger karena blog ini sangat mudah untuk dikelola karena seperti yang aku jelaskan tadi dia atas,blog ini banyak membahas mengenai Hobi atau minat dan keahlian yang sedang dipelajari seseorang.

      Jadi aku sarankan bagi para blogger pemula kalau kamu ingin membangun sebuah blog ada baiknya kamu memilih jenis blog ini karena kamu bisa fokus pada hal hal yang kamu sukai jadi kamu bisa mudah untuk membuat artikel pada Blog yang nanti nya akan kamu bangun. 


  • General Blog
    General blog ini merupakan jenis blog yang lumayan banyak ditemukan di indonesia.
    Blog ini biasanya membahas banyak topik sekalius,semuanya dirangkum disini.jenis blog ini banyak menjadi pilihan bagi para blogger pemula karena tidak mempunyai bahasan topik kamu bisa menulis apa saja,misalnya mengenai Film,Musik,Buku bahkan isu-isu yang sedang hits di internet.
    Namun ada juga sebagian orang menyebut blog ini sebagai Blog(Gado-Gado,Pecel Lele) Karena semuanya di campur aduk jadi rata rata Para pembaca kurang menyukai Jenis Blog ini.
  • Niche Blog
    Niche Blog merupakan jenis Blog yang memiliki level kesulitan yang tinggi untuk kamu para blogger pemula karena blog ini Ciri khasnya yaitu membahas banyak topik sekaligus namun berkualitas.
    Beberapa contoh topik yang dibahas misalnuya Politik,Hiburan,Keuangan,Bisnis,Hobi,Gaya hidup,Kesehatan dan lain-lain.  untuk itu kamu harus bisa menguasai topik-topik tersebut.
    Namun tidak jarang yang memiliki jenis blog ini menyewa jasa penulis untuk membuat artikel di Blog mereka karena kalau kamu sendiri untuk menulis di Blog seperti ini aku jamin Rambut dan Juga Tangan kamu akan cepat keriting He-he-he...
    jadi untukmembangun Sebuah Blog seperti ini kamu harus dibekali banyak keahlian dan juga modal dan biaya.
    Menurut saya kurang cocok untuk pemula tapi kalau kamu sudah sukses Bisa saja kamu membangun sebuah Blog seperti ini karena rata rata penghasilan Blog seperti ini Cukup Fantastis.
  • Blog Pribadi
    Ada nih satu lagi jenis Blog yang bisa kamu coba yaitu Blog Pribadi Blog ini biasanya dibuat Sebagai Iseng iseng saja tidak berniat untuk mendapatkan Penghasilan .
    karena Blog ini membahas tentang kehidupan sehari hari misalnya tentang kejadian yang terjadi di Keseharian kamu,bisa juga Menceritakan Passion dan tujuan hidup kamu Jadi untuk kamu berkreasi saja,tapi tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan Penghasilan Contohnya saja Raditya Dika (Kenal kan ?) Beliau terkenal juga dari Blog Pribadi yang dia miliki.
Jadi Tujuannya adalah kalau kamu ingin membangun sebuah Blog.Fokus dan Bekerja Keraslah Karena Seperti Pepatah Mengatakan Setiap apa yang kamu lakukan dengan Kerja keras pasti akan membuah kan Hasil.


Oke Sekian Dulu Pembahasan Kita kali ini mengenai Mengenal Jenis Blog Untuk Pemula Semoga Bermanfaat dan dapat membantu Kamu dalam Memilih Jenis Blog.


#Kamu nya masih Serius Akunya Udah Ngantuk#
Sampai Ketemu Lagi...
Salam Blogger !!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Jenis Blog Untuk Pemula"

Posting Komentar